Cara Menggunakan Google Ngram dengan Lebih Efektif

Daftar Isi

Berikut ini akan Mobitory jelaskan mengenai Cara Menggunakan Google Ngram dengan Lebih Efektif supaya dapat menambah pengetahuan dan informasi.

Studi bahasa dan linguistik sering kali membutuhkan data tentang bagaimana kata-kata digunakan, terutama dari waktu ke waktu. Meskipun penelitian adalah suatu keharusan, Anda dipersilakan memiliki alat untuk memberikan data yang Anda butuhkan. Google Ngram Viewer adalah cara terbaik untuk menemukan tren kata di seluruh perpustakaan Google Buku dengan cepat.

Dalam posting ini, kami menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Google Ngram dengan lebih efektif. Pertama, mari perkenalkan Anda ke alat tersebut.

Memperkenalkan Google Ngram

Google mengelola database multibahasa dari bahasa yang diterbitkan. Dengan memindai buku secara massal, raksasa pencari ini mampu memproses teks dan memberikan statistik berdasarkan frekuensi kata.

Dengan alat pencarian Google Ngram Viewer, Anda dapat mencari melalui data ini. Dengan membandingkan popularitas relatif kata, Anda dapat memetakan bagaimana bahasa dan budaya telah berubah dari waktu ke waktu.

Namun, alat Google Ngram dapat melakukan lebih dari sekadar melaporkan frekuensi kata, seperti yang akan kita bahas.

Bagaimana Melakukan Pencarian Dasar

Sebelum kita masuk ke “taktik” lanjutan, mari kita telusuri bagaimana melakukan pencarian dasar. Dari halaman Google Ngram, ketikkan kata kunci ke dalam kotak pencarian.

Teks pencarian Google Ngram.

Jika Anda ingin memasukkan semua kapitalisasi suatu kata, centang tombol Case-Insensitive. Penelusuran ini akan mencakup “Teknologi” dan “teknologi”.

Di bawah kotak telusur, Anda juga dapat menyetel parameter seperti rentang tanggal dan “pemulusan”. Nilai terakhir menghilangkan lonjakan dan penurunan atipikal dari data Anda. Nilai penghalusan yang lebih rendah lebih tepat, sedangkan nilai yang lebih tinggi hanya menunjukkan tren yang lebih dalam.

Cara Memilih “Corpus”

Korpus adalah kumpulan teks yang akan diperiksa oleh Ngram Viewer. Default “Inggris” dapat diterima untuk penjelajahan biasa tetapi bisa sangat akademis.

Memilih korpus di Google Ngram.

“Fiksi Inggris” akan lebih mencerminkan bahasa yang umum. Korpus “Inggris” standar bisa menjadi non-fiksi yang berat dengan banyak kata teknis.

Sementara makna yang lebih dalam di balik pilihan korpus Anda berada di luar cakupan bagian ini, Google menawarkan wawasan singkat tentang pilihan yang tepat untuk Anda.

Melakukan Pencarian Lanjutan

Dengan menggunakan kata pencarian tambahan, Anda dapat membuat perbandingan yang rumit. Untuk melakukan ini, pisahkan setiap istilah dengan koma.

Mencari beberapa kata kunci.

Ngram Viewer akan menampilkan frekuensi relatif istilah pencarian Anda dalam satu grafik. Di sini, Anda dapat mengarahkan kursor ke atas garis grafik untuk melihat titik data yang tepat.

Menargetkan satu titik data.

Anda juga dapat menggunakan tanda bintang dalam istilah pencarian Anda sebagai karakter pengganti. Misalnya, “Sarjana *” akan memberikan hasil untuk banyak gelar Sarjana.

Menggunakan karakter pengganti dalam istilah penelusuran.

Untuk menemukan semua infleksi suatu istilah, tambahkan pengubah “_INF”.

Menemukan infleksi di Google Ngram.

Jika sebuah kata mencakup banyak jenis kata, Anda dapat lebih spesifik menggunakan operator teks. Suku kata yang valid dalam database Google mencakup semua berikut ini:

  • _ADJ_: kata sifat (cepat, besar, pintar)
  • _ADV_: kata keterangan (cepat, nanti, selalu)
  • _PRON_: kata ganti (mereka, itu, kita)
  • _DET_: determiner atau artikel (a, an, the)
  • _ADP_: adposition (preposisi dan postpositions)
  • _NUM_: angka (pertama, kedua, kelima)
  • _CONJ_: konjungsi (dan, nor, tapi)
  • _PRT_: partikel, yang merupakan kategori penampung semua, kategori yang jarang digunakan untuk fungsi kata lainnya

Masing-masing dapat digabungkan menjadi frase. Misalnya, “_ADJ_ boy” akan menghasilkan pasangan kata untuk kata sifat dan “boy”.

Untuk menentukan bagian tertentu dari ucapan untuk satu istilah penelusuran, tambahkan di bagian akhir. Misalnya, “water_VERB” tanpa garis bawah di belakangnya. Untuk menyertakan setiap bagian ucapan untuk kata tertentu, gunakan operator karakter pengganti setelah garis bawah.

Variabel Fungsional, Komposisi, dan Dependensi

Menggunakan variabel fungsional di Google Ngram.

Variabel fungsional memungkinkan Anda mencari berdasarkan fungsi atau penempatan kata.

  • _ROOT_ adalah placeholder untuk akar pohon parse kalimat. Ini biasanya merupakan subjek utama atau kata yang dimodifikasi oleh kata kerja.
  • _START_ menunjukkan awal kalimat. (“_START_ Presiden Obama” hanya mengembalikan kalimat yang diawali dengan frasa “Presiden Obama”.)
  • _END_ menunjukkan akhir kalimat. (“_ADP_ _END_” mengembalikan kalimat yang berakhir dalam preposisi.)

Dengan menggabungkan istilah penelusuran dengan operator aritmatika, Anda dapat melakukan analisis matematika sederhana dengan nilai untuk frekuensi istilah:

  • + menambahkan beberapa ekspresi menjadi satu istilah pencarian
  • mengurangi ekspresi di sebelah kanan dari ekspresi di sebelah kiri, memberikan cara cepat untuk membandingkan penggunaan relatif dari dua istilah penelusuran.
  • / membagi ekspresi di kiri dengan ekspresi di kanan
  • * mengalikan ekspresi untuk membandingkan ngram dengan frekuensi yang sangat bervariasi. Pastikan untuk menyertakan seluruh ngram dalam tanda kurung untuk menghindari tanda bintang diuraikan sebagai karakter wildcard.
  • : (titik dua) mencari ngram di sebelah kiri dalam korpus di sebelah kanan.

Terakhir, Anda dapat menyetel dependensi dengan “=>” untuk mencari hubungan linguistik.

Menggunakan dependensi di Google Ngram.

Misalnya, “car => fast” akan memberikan hasil di mana “fast” secara tata bahasa bergantung pada, atau memodifikasi, kata “car”. Ini dapat dicampur secara bebas dengan operasi pencarian lanjutan mana pun.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments