Cara Mengatur Enkripsi PGP di ProtonMail

Daftar Isi

Berikut ini akan Mobitory jelaskan mengenai Cara Mengatur Enkripsi PGP di ProtonMail supaya dapat menambah pengetahuan dan informasi.

Kebanyakan orang cenderung menggunakan layanan email populer yang tersedia: Gmail, Yahoo, dll. Namun, ProtonMail adalah salah satu dari sedikit yang menawarkan enkripsi PGP asli untuk melindungi privasi dan pelanggaran data Anda. Pelajari cara memanfaatkannya.

Kebutuhan Enkripsi PGP

Dengan layanan gratis seperti Google Gmail, aturan praktis yang baik adalah selalu berasumsi bahwa semua email Anda dibaca atau setidaknya diperiksa oleh bot AI untuk kata kunci. Itulah mengapa Anda perlu mengenkripsi email Anda, sehingga hanya dapat dibaca oleh Anda dan penerima yang dituju. ProtonMail hadir dengan enkripsi PGP secara default sehingga Anda dapat dengan mudah mengenkripsi email Anda.

Bagaimana PGP Bekerja?

Algoritme PGP bekerja dengan menghasilkan kunci sesi terenkripsi. Saat Anda menggunakan PGP untuk mengirim email, Anda memerlukan kunci publik penerima. Penerima kemudian menggunakan kunci pribadinya sendiri untuk membuka kunci enkripsi. Demikian juga, jika seseorang mendapatkan kunci pribadi Anda, itu akan memungkinkan mereka membaca email.

Dalam kedua kasus tersebut, kepemilikan kunci pribadi Anda berarti memiliki kunci privasi Anda. ProtonMail yang berbasis di Swiss, yang sekarang menawarkan layanan VPN-nya sendiri secara gratis, adalah salah satu penyedia email langka dengan enkripsi OpenPGP asli, jadi Anda tidak perlu repot dengan plugin dan perangkat lunak pihak ketiga.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat mengatur enkripsi PGP di ProtonMail.

1. Lampirkan Kunci Publik

Saat Anda masuk ke akun ProtonMail Anda, sebaiknya dengan menggunakan pengelola kata sandi khusus yang baik, klik tombol “Tulis” besar di pojok kiri atas, di atas Kotak Masuk, untuk membuat email baru.

Menyusun

Setelah jendela baru untuk pesan terbuka, arahkan kursor ke ujung bilah pemformatan di ujung kanan untuk mengklik ikon panah atas. Setelah Anda mengarahkan kursor ke atasnya dengan mouse Anda, opsi “Lainnya” akan muncul. Klik di atasnya dan kemudian pada “Lampirkan Kunci Publik” dari menu drop-down.

Lampirkan Kunci Publik

Sekarang setelah dicentang, email Anda akan dienkripsi PGP. Untuk melakukan ini untuk semua email di masa mendatang, bukan hanya satu, buka “Pengaturan -> Keamanan” dan gulir ke bawah hingga Anda melihat “Lampirkan kunci publik secara otomatis” di bawah Pengaturan PGP Eksternal. Klik tombol ini agar dicentang dan enkripsi PGP Anda menjadi aktif untuk semua email selanjutnya.

Tanda Otomatis

Klik “YA” untuk konfirmasi.

2. Berbagi Kunci Publik

Dengan enkripsi PGP diaktifkan, yang tersisa hanyalah meminta penerima membagikan kunci publik mereka. Ini akan datang sebagai email dengan file kunci publik terlampir.

Trust Key

Anda akan melihat pemberitahuan dengan sorotan kuning yang memberi tahu Anda bahwa pesan ini ditandatangani oleh kunci publik. Setelah Anda mengklik tombol “Trust Key”, itu akan menjadi tepercaya. Selanjutnya, centang kotak “Gunakan untuk Enkripsi” yang muncul di prompt baru setelah Anda mengklik tombol. Ini menandai email yang Anda kirim dengan kunci pribadi Anda.

Dengan semua email baru yang mengaktifkan PGP, baik yang diterima maupun dikirim, Anda akan melihat ikon gembok hijau.

Gembok

Gunakan PGP untuk Daftar Pendek Orang yang Anda Percayai

Seperti yang Anda lihat, gesekan utama dalam bertukar pesan dengan cara ini adalah memiliki repositori kontak yang sudah mapan dengan kunci publiknya. Jika tidak, Anda harus melalui prosedur yang sama untuk setiap orang yang ingin Anda hubungi. Agak merepotkan daripada hanya menulis pesan dan menekan Kirim, tetapi ini adalah harga yang harus dibayar untuk keamanan ekstra.

Selain ProtonMail, Anda juga dapat mencoba layanan email alternatif ini untuk privasi yang lebih baik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments