Cara Mendinginkan iPhone yang Terlalu Panas

Daftar Isi

Berikut ini akan Mobitory jelaskan mengenai Cara Mendinginkan iPhone yang Terlalu Panas supaya dapat menambah pengetahuan dan informasi.

Saat ini iOS adalah salah satu sistem operasi seluler terkuat, dan dengan itu hadir manajemen daya dan panas otomatis. Meski begitu, ada yang tidak beres, bahkan sampai merusak perangkat keras iPhone Anda secara permanen.

Jika iPhone Anda panas saat disentuh atau Anda cukup beruntung untuk mendapatkan peringatan suhu, artikel ini akan merinci beberapa perbaikan tercepat untuk mendinginkan iPhone Anda yang terlalu panas dan mengembalikannya ke suhu pengoperasian yang optimal.

Berapa Suhu Pengoperasian Optimal?

iPhone dirancang untuk bekerja dari 32 ° hingga 95 ° Fahrenheit, yang setara dengan 0 ° hingga 35 ° Celsius. Anda akan menemukan hal ini terjadi pada sebagian besar peralatan elektronik, dari TV hingga konsol game. Setelah ambang suhu optimal terlampaui dan Anda melihat layar peringatan, ponsel secara otomatis akan memasuki mode pendinginan.

iphone-overheating-ios-temperature-warning

Inilah yang terjadi dalam mode pendinginan:

  • Layar kehilangan kecerahan atau menjadi hitam seluruhnya
  • Pengisian daya menjadi tidak responsif atau sangat lambat
  • Flash kamera dinonaktifkan
  • Sinyal lemah

Meskipun demikian, Anda tetap dapat melakukan panggilan darurat.

Apa Yang Dapat Menyebabkan Panas Berlebih?

Ada tiga penyebab utama perangkat terlalu panas.

Prosesor memiliki beban kerja yang berat

Jika Anda memainkan game intensif grafis atau mengedit dan mengekspor video 4K, Anda mungkin akan melihat baterai cepat habis dan panas meningkat. Ini karena fakta tidak ada kipas untuk mendinginkan prosesor, seperti yang Anda temukan di laptop dan PC desktop, dan cangkang aluminium tidak dapat mengeluarkan cukup panas dengan sendirinya. Dalam kebanyakan kasus, perangkat hanya akan menjadi hangat. Ini seharusnya tidak cukup untuk merusak atau bahkan memicu layar peringatan suhu.

Anda meninggalkan perangkat Anda di lingkungan yang panas

Menyimpan iPhone Anda di dalam mobil yang panas atau terkena sinar matahari langsung jelas merupakan sesuatu yang harus dihindari. Ini diperburuk secara drastis jika ponsel Anda memiliki casing hitam. Warna hitam menyerap semua panjang gelombang cahaya, tidak seperti warna putih yang memantulkan sebagian besar cahaya. Ini saja akan menyebabkan panas berlebih, yang dapat merusak baterai dan komponen lainnya.

Oleh karena itu, jika sedang seharian di pantai, simpan iPhone Anda di bawah handuk berwarna terang atau di tempat teduh. Memarkir mobil sebentar? Sembunyikan ponsel Anda di bawah naungan dan pecahkan jendela – atau bawa bersama Anda. Saya tahu ini tampaknya relatif sederhana, tetapi dua alasan ini saja – keduanya karena perangkat dibiarkan di tempat yang hangat – adalah penyebab paling umum untuk perangkat yang terlalu panas.

Baterai gagal

Baterai yang rusak dapat mengeluarkan banyak panas. Jika Anda yakin ini masalahnya, segera matikan perangkat dan servis. Sangat jarang hal ini menjadi masalah, karena iOS memiliki langkah-langkah yang harus diikuti jika terjadi kerusakan baterai – terutama, iOS meminta perangkat untuk mati tanpa masukan pengguna. Anda dapat menjalankan diagnostik baterai untuk memeriksa tanda-tanda kegagalan baterai, cara menghindarinya, dan langkah-langkah agar iPhone Anda diservis.

Langkah Tambahan

Pasti tidak letakkan perangkat Anda di lemari es atau freezer dengan harapan bisa mempercepat proses pendinginan. Meskipun ini adalah metode untuk memecahkan masalah, itu akan menimbulkan lebih banyak kerusakan daripada membantu. Karena peningkatan dan penurunan suhu yang cepat, kapasitas pengisian baterai secara keseluruhan akan berkurang karena kerusakan.

Namun, beberapa hal yang dapat Anda coba meliputi:

  • Melepas casing agar panas lebih mudah keluar
  • Menutup semua aplikasi yang berjalan dan menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang
  • Memasuki mode daya rendah. (Ini akan mematikan beberapa fitur, tetapi Anda dapat mematikannya satu per satu jika Anda mengandalkannya.)
  • Meredupkan layar
  • Menonaktifkan layanan lokasi, terutama arah peta belokan demi belokan yang menguras energi
  • Mematikan Bluetooth
  • Jauhkan perangkat dari lingkungan yang hangat
  • Menjalankan diagnostik baterai
  • Menyervis perangkat Anda

Kesimpulan

Perbaikan Seluler

Jika masalah terus muncul setelah mencoba tips untuk mendinginkan iPhone Anda yang terlalu panas, dan diputuskan bahwa baterai bukan penyebabnya, Anda mungkin ingin melihat untuk memulihkan perangkat Anda dan memulihkan dari cadangan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments