Cara Memperbaiki Aplikasi Android Tidak Berfungsi

Daftar Isi

Berikut ini akan Mobitory jelaskan mengenai Aplikasi Android Tidak Berfungsi? Coba Perbaikan Ini supaya dapat menambah pengetahuan dan informasi.

Sebagian besar pengguna Android cukup akrab dengan masalah tidak nyamannya aplikasi yang tidak berfungsi. Baik aplikasi tidak terbuka, mogok, atau tidak merespons, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi tersebut. Artikel ini membahas cara menangani aplikasi Android yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya (dan membahas masalah aplikasi baru-baru ini yang tampaknya memengaruhi banyak pengguna Android).

1. Copot Pemasangan Pembaruan Tampilan Web Sistem Android

Pada Maret 2021, terjadi kesalahan yang meluas di hampir semua perangkat Android yang menyebabkan sejumlah aplikasi – termasuk Gmail – berhenti bekerja. Akhirnya, Google merilis perbaikan yang mengharuskan pengguna memperbarui aplikasi Chrome dan Android System WebView (jika Anda belum melakukannya, lakukan sekarang).

Namun sementara itu, pengguna yang berani menemukan perbaikan yang dapat diterapkan jika Anda menghadapi masalah serupa di masa mendatang. Android System WebView adalah aplikasi latar belakang penting yang memungkinkan aplikasi lain menampilkan konten web. Jika ada kesalahan di sini, itu dapat memengaruhi banyak aplikasi, dan mencopot pemasangan pembaruan terbarunya dapat membantu.

Info Aplikasi Aplikasi Android Tidak Berfungsi

Untuk memutar kembali versi terbaru Tampilan Web Sistem Android, di ponsel Anda buka “Pengaturan -> Aplikasi & pemberitahuan” dan ketuk “Tampilan Web Sistem Android” dalam daftar.

Pada layar “Info aplikasi”, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas lalu “Copot pemasangan pembaruan” dan OK.

Aplikasi Android Tidak Berfungsi Copot Pembaruan Tampilan Web Sistem

2. Perbarui Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah memeriksa dan melihat apakah tidak ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi tersebut. Buka Google Play Store, tap menu hamburger di pojok kiri atas, lalu pilih “Aplikasi & game saya”. Aplikasi yang memiliki pembaruan tersedia tercantum di sini. Jika Anda melihat aplikasi Anda yang tidak berfungsi dalam daftar, ketuk Perbarui lalu periksa lagi untuk melihat apakah masalah telah diselesaikan.

Perbaiki Aplikasi yang Tidak Merespons Pembaruan

Atau, Anda cukup mencari aplikasi menggunakan bilah pencarian di bagian atas. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat tombol Perbarui di bawah gambar mini aplikasi.

3. Periksa Pembaruan Android Baru

Cara lain untuk mengatasi masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi adalah dengan memperbarui sistem Anda. Pengguna diberi tahu melalui pemberitahuan ketika OTA tersedia untuk diunduh dan dipasang, tetapi terkadang, karena alasan apa pun, kami menunda melakukan peningkatan dan melupakan semuanya.

Memperbarui perangkat Anda biasanya membawa banyak manfaat termasuk memastikan kelancaran aplikasi Anda. Untuk memeriksa apakah pembaruan telah mendarat di perangkat Anda secara manual, buka “Pengaturan -> Sistem -> Pembaruan sistem” perangkat Anda. Tergantung pada model ponsel Anda, rutenya mungkin berbeda. Anda mungkin perlu melalui “Sistem -> Lanjutan -> Pembaruan sistem,” atau sebagai gantinya, cari bagian “Tentang ponsel” dan dari sana pilih “Pembaruan perangkat lunak”.

Perbaiki Aplikasi Tidak Merespons Pembaruan Sistem

Anda akan menemukan status pembaruan Anda setelah mengikuti langkah-langkah ini. Jika pembaruan baru memang tersedia, ikuti langkah-langkah yang muncul di layar. Setelah dipasang, ponsel akan melakukan boot ulang, lalu Anda dapat mencoba lagi memuat aplikasi yang bermasalah.

4. Hentikan Paksa Aplikasi

Jika Anda telah mencoba semua hal di atas tetapi aplikasi terus tidak berfungsi, coba dan hentikan aplikasi secara paksa melalui Pengaturan telepon. Sering kali ketika aplikasi mogok atau macet, itu karena Anda belum menutupnya sepenuhnya. Menghentikan paksa aplikasi akan membunuh contoh aplikasi saat ini dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

Perbaiki Aplikasi Tidak Merespons Berhenti Paksa

Dari “Pengaturan -> Aplikasi & Pemberitahuan (atau Aplikasi di ponsel lain) -> Lihat Semua Aplikasi”, temukan dan ketuk aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah. Di bawahnya, Anda akan melihat beberapa tombol / opsi. Pilih salah satu yang bertuliskan “Paksa Berhenti”, lalu kembali ke aplikasi dan coba luncurkan lagi.

5. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Solusi lain untuk masalah yang mengganggu ini adalah membahas lebih dalam dan menghapus cache dan data aplikasi. Sekali lagi, langkah-langkahnya bervariasi berdasarkan pabrikan, tetapi pada handset OnePlus, Anda perlu mengetuk “Pengaturan -> Aplikasi & Pemberitahuan -> Lihat Semua Aplikasi”. Ketuk pada aplikasi masing-masing dan kemudian pada “Penyimpanan -> Hapus Cache.”

Perbaiki Aplikasi Tidak Merespons Hapus Cache

Perhatikan bahwa ini adalah solusi sementara dan seiring waktu, cadangan data yang di-cache akan terisi lagi, jadi Anda harus mengulangi prosesnya.

6. Copot Pemasangan dan Pasang Aplikasi Lagi

Jika tidak ada solusi yang dibahas di atas yang berhasil untuk Anda, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan dan memasang aplikasi lagi. Untuk menghapus aplikasi, cukup tekan lama sampai daftar opsi muncul di layar. Pilih opsi Uninstall, lalu lanjutkan ke Google Play Store, cari aplikasinya, dan instal lagi di handset Anda.

Perbaiki Aplikasi Tidak Merespons Pencopotan Pemasangan

Solusi lain adalah pergi ke Google Play Store, cari aplikasinya, dan dari sana ketuk tombol Uninstall yang biasanya diposisikan di bawah di sebelah kiri.

Perlu diingat bahwa mencopot pemasangan beberapa aplikasi akan menghapus data / media Anda.

7. Hidupkan Ulang Ponsel Anda

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat menangani aplikasi yang tidak responsif. Tekan tombol daya perangkat Anda selama kurang lebih 10 detik dan pilih opsi Restart / Reboot. Jika tidak ada opsi Restart, matikan, tunggu selama lima detik, dan hidupkan kembali.

Setelah sistem dimuat lagi, coba luncurkan aplikasi lagi untuk melihat apakah masalahnya masih ada. Jika ya, lanjutkan membaca.

8. Periksa Kartu SD Anda (Jika Ada)

Bagi mereka yang berurusan dengan aplikasi yang mogok, pelakunya mungkin kartu memori yang rusak. Dalam kasus seperti itu, aplikasi apa pun yang menulis ke kartu memori yang rusak akan diganggu oleh jenis kesalahan ini.

Untuk memeriksa apakah itu memang masalahnya, keluarkan kartu memori Anda dan luncurkan aplikasi sekali lagi. Jika berfungsi sekarang, bagus, tetapi Anda mungkin perlu mendapatkan kartu memori baru. Namun demikian, kartu SD mungkin tidak sepenuhnya tidak berfungsi, jadi kemungkinan besar Anda akan dapat mentransfer data ke PC Anda dengan aman.

9. Reset ke Pengaturan Pabrik

Sebagai upaya terakhir, setel ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Jangan mencoba ini kecuali Anda telah membuat cadangan semua data Anda sebelumnya. Reset pabrik memiliki efek menghapus semua yang ada di ponsel atau tablet Anda. Setelah akta selesai, Anda akan dapat memulihkan semuanya dengan cepat dan tanpa rasa sakit, tetapi hanya asalkan Anda telah membuat cadangan.

Perbaiki Aplikasi yang Tidak Merespons Penyetelan Ulang Pabrik

Untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Anda, buka “Pengaturan -> Sistem -> Hapus semua data (reset pabrik)”. Bergantung pada ponsel yang Anda gunakan, jalurnya mungkin sedikit berbeda. Misalnya, pada beberapa ponsel, Anda harus membuka “Setelan -> Cadangkan & setel ulang -> Kembalikan ke setelan pabrik”.

Perbaiki Aplikasi Instan Tidak Berfungsi

Kiat yang telah kami bahas sejauh ini berlaku untuk aplikasi Android standar yang telah diinstal di ponsel Anda. Namun, ada jenis aplikasi lain – Aplikasi instan. Ini tersedia untuk sejumlah perangkat tertentu dan tidak memerlukan penginstalan. Meskipun bukan aplikasi yang lengkap, mereka masih dapat mengalami kegagalan fungsi dari waktu ke waktu. Jika itu terjadi, Anda dapat mencoba menerapkan salah satu solusi berikut.

1. Periksa Koneksi Internet Anda dan Muat Ulang Aplikasi

Jika Anda berurusan dengan aplikasi Instan yang tidak merespons, pastikan untuk memeriksa Wi-Fi atau koneksi data seluler Anda dan memverifikasi bahwa itu berfungsi dengan baik. Lihat di sini untuk petunjuk mendalam tentang cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi di Android Anda. Atau, pelajari cara memperbaiki kesalahan mendapatkan alamat IP di Android.

Perbaiki Aplikasi yang Tidak Merespons Pemuatan Aplikasi Instan

Setelah Anda mengonfirmasi bahwa koneksi Internet aktif dan berjalan, ketuk tautan lagi untuk melihat apakah aplikasi berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Aktifkan dan Nonaktifkan Aplikasi Instan

Jika aplikasi masih tidak berfungsi untuk Anda, coba aktifkan dan nonaktifkan Aplikasi Instan dan lihat apakah itu membantu. Buka “Setelan -> Aplikasi & notifikasi -> Aplikasi default -> Membuka tautan”. Matikan aplikasi Instan dan nyalakan kembali.

Perbaiki Aplikasi yang Tidak Merespons Aplikasi Instan Mati

Sebagai tambahan, periksa juga bagian preferensi Aplikasi Instan yang ada tepat di bawah Aplikasi instan. Lihat apakah opsi Upgrade tautan web aktif, dan aktifkan jika tidak. Ini memungkinkan tautan web dibuka di aplikasi Instan, bukan di browser jika tersedia. Setelah selesai, kembali ke aplikasi Instan Anda dan periksa lagi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments